Welcome to hidayah's blog..... matur thank you nggiih..
Macam-macam Tanda Pengenal
a. Tanda Umum
Dipakai secara umum oleh semua anggota Gerakan
Pramuka yang sudah dilantik, baik putra maupun putri.
Macamnya : Tanda tutup kepala, setangan / pita
leher, tanda pelantikan, tanda harian, tanda WOSM
b. Tanda Satuan
Menunjukkan Satuan / Kwartir
tertentu, tempat seorang anggota
Gerakan Pramuka bergabung.
Macamnya : Tanda barung / regu /
sangga, gugusdepan, kwartir, Mabi, krida,saka, Lencana daerah, satuan dan
lain-lain.
c. TANDA JABATAN
Menunjukkan jabatan
dan tanggungjawab seorang anggota Gerakan
Pramuka dalam
lingkungan organisasi Gerakan Pramuka.
Macamnya : Tanda pemimpin / wakil
pemimpin barung / regu / sangga, sulung, pratama, pradana, pemimpin / wakil krida
/ saka, Dewan Kerja, Pembina, Pembantu Pembina, Pelatih, Andalan, Pembimbing,
Pamong Saka, Dewan Saka dan lain-lain.
d. Tanda Kecakapan
Menunjukkan kecakapan,
ketrampilan, ketangkasan, kemampuan,
sikap, tingkat usaha seorang
Pramuka dalam bidang tertentu, sesuai
golongan usianya.
Macamnya : Tanda kecakapan umum / khusus, pramuka garuda dan
tanda
keahlian lain bagi orang dewasa.
e. Tanda Kehormatan
Menunjukkan jasa atau penghargaan
yang diberikan kepada
seseorang atas jasa, darma
baktinya dan lain-lain yang cukup
bermutu dan bermanfaat bagi
Gerakan Pramuka, kepramukaan,
masyarakat, bangsa, negara dan
umat manusia.
Macamnya :
Peserta didik : tiska, tigor,
bintang tahunan, bintang wiratama, bintang
SILABUS KELAS VI
06.09 Edit This 1 Comment »
SILABUS
Lampiran 1
Sekolah
: SD _______________
Kelas : VI
Semester
: 1
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) :
1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
|
Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq
ayat 1-5
|
1. Siswa
melafalkan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq secara klasikal, kelompok dan individu
sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar, serta berlatih melafalkan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq dengan
menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar.
|
1. Membaca
Surah Al Qadr
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan Surah Al Qadr dengan
harakat dan makhraj yang benar! (Lihat Buku
Pendidikan Agama Islam SD jl.6 NTR-Esis bab 1)
|
3 x 35 menit
|
1. Teks lafal
Surah Al Qadr di karton atau papan tulis
2. Buku
tajwid
3. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 6 NTR ESIS bab 1
4. Alquran
(juz amma)
5. Kaset atau
CD tentang cara baca Alquran
6. Pengalaman
guru
|
2. Membaca
Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar!
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 6 NTR-Esis bab 1)
|
|||||
1.2 Mengartikan QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
|
Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq
ayat 1-5
|
1. Siswa
berlatih mengartikan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq berdasarkan bimbingan guru,
serta melalui forum diskusi mengkaji kandungan dari Surah Al Qadr dan Al
‘Alaq ayat 1-5
|
1. Mengartikan
Surah Al Qadr
|
Tes lisan
|
Pemaknaan
|
Artikan Surah Al Qadr dengan lengkap!
|
6 x 35 menit
|
1. Teks lafal Surah Al Qadr dan Surah Al ‘Alaq berserta
artinya pada karton
2. Buku tajwid
3. Buku Pendidikan Agama
Islam jilid 6 NTR ESIS bab 1
4.
Alquran (juz amma)
5.
Kaset atau CD Alquran
6.
Pengalaman guru
|
2. Mengartikan
Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
3. Menerapkan arti/ isi kandungan Surah Al
Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Pemaknaan
Essay
|
Artikan Surah Al ‘Alaq ayat
1-5 dengan lengkap!
Sebutkan isi pokok dari
Surah Al Qadr berdasarkan arti dari keseluruhannya!
|
SILABUS
Lampiran 2
Sekolah
: SD _______________
Kelas : VI
Semester
: 1
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah): 2.
Meyakini adanya hari akhir
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyebutkan nama-nama
hari akhir
|
Iman kepada hari akhir
|
1. Melalui forum diskusi dan dan tanya jawab siswa
mengemukakan pendapat tentang pengertian hari akhir, dan menyebutkan
nama-nama hari akhir secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan
penjelasan guru dan bacaan dari buku refensi
|
1. Menjelaskan pengertian hari akhir
|
Tes tulis
|
Essay
|
Mengapa disebut hari akhir?
|
3
x 35 menit
|
1. Tulisan nama-nama hari akhir di
karton atau papan tulis
2. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 2
3. Ayat Alquran atau hadis yang
berkaitan dengan materi bahan ajar
4. Kaset/CD tentang hari akhir
5. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan
nama-nama hari akhir
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan nama-nama hari akhir yang lain!
|
|||||
2.2 Menjelaskan tanda-tanda
hari akhir
|
Iman kepada hari akhir
|
1. Siswa mengemukakan
pendapat menjelaskan tentang tanda-tanda hari akhir melalui forum diskusi, dan
menyebutkan contoh tanda kejadian hari akhir secara berkelompok dan individu.
|
1. Menjelaskan tanda-tanda
hari akhir
|
Tes tulis
|
Essay
|
Bagaimanakah gambaran
tanda-tanda hari akhir yang telah dijelaskan dalam Alquran dan hadis Nabi?
|
3 x 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang kejadian hari
akhir
2. Tulisan tanda-tanda hari akhir di
karton
3. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS bab 2
4. Ayat Alquran atau hadis yang
berkaitan dengan materi bahan ajar
5. Kaset/CD tentang hari akhir
6. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan contoh kejadian hari akhir
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa yang dimaksud
dengan yaumul jaza’’?
|
SILABUS
Lampiran 3
Sekolah
: SD _______________
Kelas : VI
Semester
: 1
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Tarikh) :
3. Menceritakan kisah Abu Lahab , Abu Jahal dan Musailamah Al Kazzab
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Menceritakan perilaku
Musailamah Abu Jahal dan Abu Lahab
|
Kisah Abu Lahab, Abu Jahal
dan Musailamah Al Kazzab
|
1. Siswa berlatih
menceritakan kembali kisah Abu Jahal dan Abu Lahab melalui forum diskusi dan
tanya jawab, mengemukakan pendapat tentang kekejaman Abu Lahab dan istrinya
terhadap Nabi Muhammad SAW, serta menjelaskan kejahatan Abu Jahal terhadap
dakwah Nabi Muhammad SAW berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku
referensi
|
1. Menjelaskan kekejaman Abu
Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa
yang menyebabkan Abu Lahab beserta istrinya sangat benci kepada Rasulullah
SAW?
|
6 x 35 menit
|
1.
Teks kisah Abu
Lahab
2.
Teks kisah Abu
Jahal
3.
Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis bab 3
4.
Buku kisah-kisah
Islami
5.
Kaset/CD
kisah-kisah Islami
6.
Alquran (juz
Amma)
7.
Pengalaman guru
|
2. Menjelaskan kejahatan Abu
Jahal terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa tujuan Abu Jahal berbuat
jahat terhadap dakwah Nabi Muhammad SAW?
|
SILABUS
Lampiran 4
Sekolah
: SD _______________
Kelas : VI
Mata
Pelajaran : Agama Islam
Semester
: 1
Standar kompetensi (Akhlak): 4.
Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Menghindari perilaku
dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
|
Menghindari perilaku dengki
dan sombong
|
1. Siswa mengemukakan
pendapat menjelaskan kedengkian Abu lahab dan Abu Jahal melalui forum diskusi
dan tanya jawab, serta menyebutkan kerugian dari sifat dengki dalam praktik
keseharian.
|
1. Menjelaskan kedengkian
Abu Lahab dan Abu Jahal
|
Tes tulis
|
Essay
|
Bagaimanakah bentuk
kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal terhadap Rasulullah SAW?
|
3 x 35 menit
|
1.
Teks kisah Abu Lahab
2.
Teks kisah Abu Jahal
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis
4. Buku kisah-kisah Islami
5. Kaset/CD kisah-kisah Islami
6. Alquran (juz Amma)
7. Pengalaman
guru
|
2. Menghindari perilaku
dengki dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan bentuk kerugian
yang ditimbulkan dari perilaku dengki?
|
|||||
2. Menghindari
perilaku bohong dan sombong dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Berilah
contoh bentuk kerugian yang ditimbulkan dari sifat sombong dan bohong?
|
SILABUS
Lampiran 5
Sekolah : SD
_______________
Kelas : VI
Semester : 1
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih): 5.
Mengenal ibadah bulan Ramadan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Melaksanakan tarawih di
bulan Ramadan
|
Ibadah
di bulan Ramadan
|
1. Siswa
mengemukakan pendapat menjelaskan tentang pengertian salat tarawih di bulan
Ramadan, ketentuan salat tarawih dan keutamaan dari ibadah salat tarawih
melaui forum diskusi dan tanya jawab
|
1.Mempraktikkan/mengamalkan
salat tarawih di bulan Ramadan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Berapa
rakaat jumlah salat tarawih?
|
3 × 35 menit
|
1.
Tulisan tatacara salat tarawih dan witir
2. Gambar peraga
salat tarawih dan witir
3. Buku
Pendidikan Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis
4. Buku
pengajaran salat
5. Kaset/CD
tentang tatacara salat tarawih dan witir
6. Pengalaman
guru
|
|
|
|
|
|||||
5.2
Melaksanakan tadarus Alquran
|
Ibadah di bulan Ramadan
|
1. Siswa mengemukakan
pendapat menjelaskan pengertian
tadarus Alquran di bulan Ramadan, serta menyebutkan manfaat dari kegiatan
tadarus Alquran secara klasikal, kelompok dan individu
|
1. Melaksanakan tadarus
Alquran di bulan Ramadan
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
Manfaat
apa yang dapat dipetik dari ibadah tadarus Alquran?
|
3 x 35 menit
|
1.
Ayat Alquran
atau hadis Nabi yang menjelaskan bahan ajar
2.
Buku Pendidikan
agama Islam jilid 6 NTR-Esis
3.
Pengalaman guru
4.
Lingkungan
sekitar
|
SILABUS
Lampiran 6
Sekolah
: SD _______________
Kelas : VI
Semester
: 2
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) :
6. Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Membaca QS Al Maidah
ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
Surah
Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
1. Siswa
melafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 secara klasikal, kelompok dan individu
sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar, serta berlatih melafalkan Surah Al
Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan
(tajwid) yang benar.
|
1.Melafalkan
kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat
3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan
Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan
makhraj yang benar! (lihat Buku Pendidikan Agama
|
3 x 35 menit
|
1. Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al
Hujurat ayat 13 di karton atau papan tulis
2. Buku
tajwid
3. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR ESIS hal
4. Alquran
(juz amma)
5. Kaset atau
CD tentang cara baca Alquran
6. Pengalaman
guru
|
2. Membaca
sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan
Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan tajwid
yang benar!
|
|||||
|
|
|
|
|||||
6.2 Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah
Al Hujurat ayat 13
|
Surah Al Maidah ayat 3 dan
Surah Al Hujurat ayat 13
|
1. Siswa berlatih
mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 berdasarkan
bimbingan guru, serta melalui forum diskusi mengkaji kandungan dari Surah Al
Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat
ayat 13
|
1. Mengartikan kata dan kalimat Surah Al
Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13
|
Tes lisan
|
Pemaknaan
|
Artikan Surah Al Maidah ayat
3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan lengkap!
|
6 x
35 menit
|
1. Teks lafal
Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 beserta artinya di karton
atau papan tulis
2. Buku
tajwid
3. Buku Pendidikan
Agama Islam jilid 6 NTR ESIS hal
4. Alquran
(juz amma)
5. Kaset atau
CD tentang cara baca Alquran
6. Pengalaman
guru
|
2.
Menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat
ayat 13
|
Tes
tulis
|
Essay
|
Sebutkan
isi pokok Surah Al Hujurat ayat 13!
|
|||||
|
|
|
|
SILABUS
Lampiran 7
Sekolah : SD _______________
Kelas : VI
Semester : 2
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah) :
7. Meyakini adanya Qada’ dan Qadar
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Menunjukkan contoh-contoh qada’ dan qadar
|
Iman terhadap qada’dan qadar
|
1. Siswa mengemukakan
pendapat menjelaskan tentang pengertian qada’ dan qadar melalui forum diskusi
dan Tanya jawab, serta menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar secara
individu.
|
1. Menjelaskan pengertian
qada’dan qadar
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa
yang kamu ketahui mengenai pengertian qada’ dan qadar?
|
3 x 35 menit
|
1.
Ayat Alquran
atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar
2.
Buku Pendidikan
agama Islam jilid 6 NTR-Esis
3.
Pengalaman guru
4.
Lingkungan
sekitar
|
2. Menyebutkan contoh-contoh
qada’ dan qadar
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Ketentuan Allah terhadap
hamba-Nya yang dapat berubah disebut…
a. Qada’
b. Qadar
c. Iman
|
|||||
3. Menyebutkan manfaat setia
kawan
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa saja manfaat yang dapat
diambil dari perilaku setia kawan?
|
|||||
7.2 Menunjukkan keyakinan
terhadap qada’ dan qadar
|
Iman kepada qada’ dan qadar
|
1. Siswa menyebutkan cara
meyakini adanya qada’ dan qadar, serta menyebutkan contoh sikap dari beriman
kepada qada’ dan qadar berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku
referensi
|
1. Menyebutkan cara meyakini
adanya qada’ dan qadar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimanakah menyikapi qada’
dan qadar Allah SWT?
|
3 x 35 menit
|
1. Ayat
Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan
dengan bahan ajar
2.
Buku Pendidikan
Agama Islam jilid 6 NTR-Esis
3.
Pengalaman guru
4.
Lingkungan
sekitar
|
SILABUS
Lampiran 8
Sekolah
: SD _______________
Kelas : 2
Semester
: 2
Mata
Pelajaran : Agama Islam
Standar
kompetensi (Tarikh) : 8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Menceritakan perjuangan
kaum Muhajirin
|
Kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
|
1. Siswa menceritakan kembali kisah kaum Muhajirin, menjelaskan
perjuangan kaum Muhajirin, serta menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin
bersama Rasulullah SAW melalui forum diskusi dan tanya jawab berdasarkan
penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi
|
1. Menjelaskan kisah perjuangan kaum Muhajirin
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang mendasari kaum
Muahajirin hijrah dari
|
3 x 35 menit
|
1.
Teks kisah kaum
Muhajirin
2.
Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 6 NTR-Esis
3.
Buku kisah-kisah
Islami
4.
Kaset/CD
kisah-kisah Islami
5.
Alquran (juz
amma)
6.
Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan usaha-usaha
kaum Muhajirin
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimana usaha kaum
Muahajirin untuk melindungi Rasulullah SAW dari kejaran kafir Quraisy?
|
|||||
|
|
|
|
|||||
8.2 Menceritakan perjuangan kaum ansar
|
Kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
|
1. Siswa menceritakan kembali kisah kaum Ansar, menjelaskan perjuangan
kaum Ansar, serta menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar bersama kaum Muhajirin
dan Rasulullah SAW melalui forum diskusi dan tanya jawab berdasarkan
penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi
|
1. Menjelaskan kisah
perjuangan kaum Ansar
|
Tes tulis
|
Essay
|
Bagaiman sambutan kaum Ansar
terhadap Rasulullah SAW dan rombongannya ketika datang ke Madinah?
|
3 x 35 menit
|
1. Teks kisah kaum Ansar
2.
Buku Pendidikan Agama
Islam Jilid 6 NTR-Esis
3.
Buku kisah-kisah
Islami
4.
Kaset/CD
kisah-kisah Islami
5.
Alquran (juz
amma)
6. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa usaha yang dilakukan
kaum Ansar untuk menciptakan ukhuwah
Islamiyah dengan kaum Muhajirin?
|
SILABUS
Lampiran 9
Sekolah
: SD _______________
Kelas : VI
Semester
: 2
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Akhlak) :
9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
Membiasakan perilaku terpuji
|
1.Siswa mengungkapkan
pendapat menjelaskan tentang kisah kegigihan perjuangan kaum Muahjirin dalam
meraih kehidupan yang lebih baik, menunujukkan usaha-usaha kegigihan kaum
Muhajirin dalam meraih kehidupan
sehari-hari yang lebih baik melalui forum diskusi dan Tanya jawab
|
1. Menjelaskan kisah
kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik
|
Tes tulis
|
Essay
|
Jelaskan
dengan singkat kisah hijrah Nabi bersama kaum Muhajirin dari
|
3 x 35 menit
|
1. Teks kisah kaum Muhajirin
2.
Buku Pendidikan
Agama Islam Jilid 6 NTR-Esis
3.
Buku kisah-kisah
Islami
4.
Kaset/CD
kisah-kisah Islami
5.
Alquran (juz
amma)
6. Pengalaman guru
|
2. Meneladani kegigihan
usaha-usaha kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Kaum Muhajirin mendapat sambutan yang tidak baik ketika tiba di kota ...
a. Hijaz
b. Taif
c.Madinah
|
SILABUS
Lampiran 10
Sekolah : SD _______________
Kelas : 2
Semester : 2
Mata Pelajaran : Agama
Islam
Standar
kompetensi (Fiqih) : 10. Mengetahui kewajiban zakat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.1 Menyebutkan macam-macam
zakat
|
Hal Zakat
|
1. Siswa menegemukakan
pendapat menjelaskan tentang pengertian zakat melalui forum diskusi, dan
menyebutkan macam-macam zakat secara klasikal, kelompok dan individu
|
1. Menjelaskan pengertian zakat
|
Tes tulis
|
Essay
|
Apa yang kamu ketahui tentang definisi zakat?
|
3 x 35 menit
|
1. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang menerangkan bahan ajar
2. Buku pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis
3. Buku Fiqih
4.. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan maca-macam
zakat
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan macam-macam zakat
yang telah kamu pelajari!
|
|||||
|
|
|
|
|||||
10.2 Menyebutkan ketentuan
zakat fitrah
|
Hal zakat
|
1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan definisi zakat fitrah melalui
forum diskusi dan tanya jawab, menyebutkan ketentuan zakat fitrah, dan
menyebutkan manfaat zakat fitrah.
|
1. Menjelaskan pengertian zakat fitrah
|
Tes tulis
|
Essay
|
Jelaskan definisi zakat fitrah menurut syariat Islam!
|
3 x 35 menit
|
1. Tulisan tentang ketentuan zakat fitrah di karton
2. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar
3. buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis
4. Buku Fiqih
5. Pengalaman guru
|
2. Menyebutkan ketentuan zakat
fitrah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Berapa ukuran wajib zakat fitrah dikeluarkan?
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
|
.
|
3. Melaksanakan zakat fitrah
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
Kapankah
waktu yang disunahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah?
|
|
|
4. Menyebutkan manfaat zakat
fitrah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Sebutkan dua manfaat dari
mengeluarkan zakat fitrah!
|